berita
22 Mei 2025
Full Daging! Bisnis Maaliyyah Bagikan Cara UKM Meroket dengan Strategi Digital
Di tengah derasnya arus digitalisasi, para pelaku UKM Indonesia dituntut untuk tidak hanya bertahan, tapi juga berkembang secara cerdas dan strategis. Menjawab tantangan ini, Bisnis Maaliyyah sukses menggelar Webinar Konsultasi 1-on-1 dengan tema “Strategi Digital & Keuangan untuk UKM Tumbuh Berkelanjutan.”
Acara ini menjadi gebrakan baru karena menawarkan pendampingan intensif secara online, langsung dari dua pakar berpengalaman di bidangnya. Dengan tagline “Kuasai Strategi, Optimalkan Hasil!”, webinar yang berlangsung Rabu kemarin (21/5/2025) ini membuka wawasan dan memberi solusi konkret bagi pelaku usaha yang ingin naik kelas.
Konsultasi Eksklusif Dorong Bisnis Naik Kelas
Webinar ini digelar secara online dengan jumlah peserta terbatas. Hanya 7 pelaku UKM terkurasi yang mendapatkan kesempatan emas untuk berdiskusi langsung dengan para ahli. Setiap peserta mendapat kesempatan konsultasi privat sesuai kebutuhan bisnis mereka.
Yang membuat acara ini istimewa adalah formatnya yang sangat personal. Tidak ada kelas umum atau ceramah panjang lebar. Setiap peserta langsung menyampaikan masalah spesifik yang dihadapi dalam bisnis mereka, dan langsung mendapat respon serta solusi dari narasumber.
Para narasumbernya pun bukan orang sembarangan. Ada Fandrey N. Afindra selaku Head of Marketing & Branding LBS Urun Dana dan pakar digital branding profesional yang sudah banyak membantu perkembangan dan strategi bisnis para pelaku UKM hampir di seluruh Indonesia.
Baca juga: LBS Urun Dana Guncang Bandung! Bagi Tips Bangun Bisnis dengan Pendanaan Syariah
Selain itu ada Achmad Muhyidin, pakar sistem akuntansi keuangan yang telah membantu puluhan UKM menata keuangan bisnisnya secara sehat dan berkelanjutan. Fandrey menyampaikan bahwa digital marketing bukan hanya soal jualan lewat media sosial.
“Digital marketing adalah soal membangun cerita dan kepercayaan. Bukan sekadar promosi, tapi positioning yang kuat di mata pasar. Dengan gaya konsultasi yang komunikatif dan aplikatif, kami yakin peserta merasa lebih percaya diri dalam mengeksekusi strategi mereka ke depan,” kata Fandrey.
Bahas Strategi Jitu, Bukan Omon-Omon Belaka
(Head of Marketing & Branding LBS Urun Dana, Fandrey N. Afindra)
Tujuh peserta yang ikut berasal dari beragam sektor usaha seperti fashion muslim, logistik ekspedisi, interior desain, rumah kos, hingga usaha sandal lokal.
Contohnya, Fitri dari Umaya Hijab Store datang membawa tantangan soal strategi pemasaran digital di media sosial. Setelah sesi konsultasi dengan Fandrey, ia mendapat insight segar tentang cara membuat konten yang tidak hanya menarik, tapi juga mampu meningkatkan interaksi dengan pelanggan secara nyata.
Sementara itu, Yusup, pengusaha sepatu dan sandal lokal berencana ingin beralih dari pemasaran offline ke online. Yusup juga mengaku baru sadar pentingnya konsistensi branding untuk keberlanjutan usaha.
“Banyak pelaku UKM melewatkan potensi besar karena belum mengoptimalkan digital marketing untuk usaha. Padahal, dengan pendekatan yang tepat mereka bisa bersaing di pasar yang lebih luas dan tumbuh lebih cepat,” ungkap Fandrey.
Setiap peserta membawa pulang checklist strategi praktis yang bisa langsung diaplikasikan. Tak hanya itu, mereka juga mendapat undangan khusus untuk bergabung dalam program lanjutan dari Bisnis Maaliyyah. Program tersebut meliputi bootcamp intensif, pendampingan bulanan, hingga akses pendanaan syariah dari LBS Urun Dana.
Baca juga: LBS Urun Dana Ajak UMKM Hijrah ke Pendanaan Syariah yang Bebas Riba
Inisiatif ini bukan hanya menguatkan kapasitas pelaku usaha, tapi juga mempertegas posisi Bisnis Maaliyah sebagai mitra strategis UKM Syariah yang relevan dan solutif. Webinar ini bukan akhir dari perjalanan. Justru menjadi awal dari transformasi besar bagi UKM Indonesia.
Bisnis Maaliyyah akan kembali hadir dengan program baru yang lebih menarik, interaktif, dan penuh kejutan bermanfaat pada Juni 2025. Follow @bisnismaaliyyah.id dan temukan strategi tepat agar bisnis melesat tanpa riba.