investasi

calendar_today

22 Mei 2024

5 Ide Usaha Modal 5 Juta yang Paling Berpotensi Menguntungkan

Tidak dapat dipungkiri, memilih jenis usaha yang akan dirintis memang bisa terasa sulit, terutama jika modal yang dimiliki terbatas. Jika tidak bijak dalam mengelola keuangan, tidak menutup kemungkinan risiko kerugian lebih besar dibandingkan keuntungan.

Oleh karena itu, baiknya sebelum merintis pastikan dulu hal-hal seperti target konsumen, lokasi atau tempat tinggal dan tentunya modal.

Berikut ini 5 ide usaha modal 5 juta yang paling berpotensi menguntungkan. Tentunya, jenis usaha ini memiliki minat pembeli yang cukup besar dan menawarkan keuntungan yang menggiurkan.

  1. Jasa Laundry

 

Usaha modal 5 juta yang pertama adalah jasa laundry. Usaha ini bisa menjadi pilihan yang tepat khususnya bagi kamu yang tinggal di daerah yang padat penduduk. Modal 5 juta cukup untuk membeli mesin cuci, setrika, dan peralatan laundry lainnya.

Saat ini, masyarakat semakin sibuk dengan berbagai aktivitas dan rutinitas harian yang menyita banyak waktu. Bahkan menurut studi dari Populix pada tahun 2022, 76% masyarakat Indonesia menggunakan jasa laundry. Hal ini menunjukkan bahwa usaha laundry memiliki peluang pasar yang besar.

Tips: Berikan layanan terbaik kepada pelanggan dengan menjaga kebersihan dan ketepatan waktu penyelesaian laundry. Tawarkan berbagai paket laundry dengan harga yang kompetitif. Jalin kerjasama dengan kos-kosan, apartemen, atau perkantoran di sekitar kamu.

  1. Warung Sembako

 

Selain usaha jasa laundry, buka usaha warung sembako merupakan pilihan yang bagus untuk merintis usaha, apalagi usaha ini hanya membutuhkan modal usaha yang kecil. Bahkan 5 juta sudah tergolong cukup.

Semua orang percaya, warung sembako sampai detik ini sangat diminati dan dibutuhkan terutama untuk masyarakat pinggiran kota. Kebutuhan pokok seperti beras, minyak goreng, gula, dan garam selalu dicari oleh masyarakat, sehingga usaha ini terbilang stabil dan memiliki peluang pasar yang luas.

Tips:

  • Lakukan riset pasar untuk mengetahui kebutuhan dan permintaan sembako di daerahmu
  • Pilihlah lokasi yang strategis dan mudah diakses oleh pelanggan.
  • Jaga kebersihan dan kelengkapan stok barang di warungmu.
  • Tawarkan harga yang kompetitif dan berikan pelayanan yang ramah kepada pelanggan.

 

  1. Usaha Kuliner Kekinian

 

Bisnis kuliner selalu menjadi primadona dan tak lekang oleh waktu. Di era digital ini, tren kuliner kekinian semakin digemari masyarakat. Kamu bisa memanfaatkan modal 5 juta untuk membuka usaha kuliner kekinian seperti cilok kekinian, takoyaki, croffle, atau dimsum.

Menurut survei Statista pada tahun 2023, industri makanan dan minuman di Indonesia tumbuh sebesar 5.34% di tahun 2022. Hal ini menunjukkan bahwa prospek bisnis kuliner masih sangat menjanjikan.

Tips: Lakukan riset pasar untuk mengetahui tren kuliner kekinian yang sedang digemari di daerah kamu. Sajikan produk dengan rasa yang lezat dan instagrammable agar menarik minat pembeli. Manfaatkan platform media sosial untuk mempromosikan usaha kamu.

  1. Jasa Menjahit

 

Memiliki skill menjahit adalah sebuah anugerah. Karena jika kamu mahir di bidang ini, membuka usaha jasa jahit merupakan pilihan yang tepat karena modal usahanya relative kecil. Hanya dengan 5 juta, di mana sekitar 3 jutaan bisa digunakan untuk membeli mesin jahit dan obras.

Adapun sisa dananya, bisa digunakan untuk melengkapi perlengkapan seperti gunting, meteran, kain, resleting, dan aksesori lainnya.

Tips: Ketika awal merintis usaha jasa menjahit, awali promosimu dengan menawarkan pada keluarga, teman atau tetannga. Jangan lupa untuk menerima pesanan jahitan baju sekolah, baju kondangan atau permak baju. Baiknya juga berikan tarif yang relatif terjangkau agar pelanggan puas.

  1. Budidaya Ikan

 

Terakhir, untuk jenis usaha modal 5 juta ini sangat cocok untuk kamu yang punya perhatian lebih terhadap dunia agribisnis. Selain hidroponik, budi daya ikan juga memiliki prospek usaha yang cukup menjanjikan dan pasarnya jelas.

Hebatnya lagi, jenis usaha ini tidak mengharuskan kamu memiliki kolam yang besar. Kamu bisa memaksimalkan ember/drum dan kolam terpal kemudian tebarkan bibit ikan tentunya dengan arahan budidaya yang tepat.

Proses panennya pun bisa relatif cepat, bergantung pada jenis ikan yang  dibudidayakan. Modal yang diperlukan juga kecil, dengan investasi pada bibit dan pakan berkualitas untuk menghasilkan ikan dengan ukuran besar saat panen.

Apakah kamu butuh modal syariah hingga 10 miliar?

Okey itu tadi beberapa ide usaha modal 5 juta yang paling berpotensi menguntungkan. Barangkali bisa menjadi jawaban yang kamu cari-cari selama ini.

Kalau kamu sedang butuh modal syariah yang besar bahkan hingga 10 miliar, kamu bisa ajukan melalui www.lbs.id in syaa Allah prosesnya cepat & praktis, tentunya juga dijamin kehalalannya 100% 😊

search

Informasi Terbaru

Ingin Berinvestasi di LBS Urun Dana?

Temukan peluang investasi pada bisnis-bisnis murni syariah hanya di LBS Urun Dana

Investasi Sekarang

Copyright LBS Urun Dana - 2024

PT LBS Urun Dana adalah penyelenggara layanan urun dana yang menyediakan platform berbasis teknologi untuk penawaran efek (securities crowdfunding) di mana melalui platform tersebut penerbit menawarkan instrumen efek kepada investor (pemodal) melalui sistem elektronik yang telah mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan.

Sesuai Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) No.57/POJK.04/2020 tentang “Penawaran Efek Melalui Layanan Urun Dana Berbasis Teknologi Informasi” Pasal 27, kami menyatakan bahwa :

  • OTORITAS JASA KEUANGAN TIDAK MEMBERIKAN PERNYATAAN MENYETUJUI ATAU TIDAK MENYETUJUI EFEK INI, TIDAK JUGA MENYATAKAN KEBENARAN ATAU KECUKUPAN INFORMASI DALAM LAYANAN URUN DANA INI. SETIAP PERNYATAAN YANG BERTENTANGAN DENGAN HAL TERSEBUT ADALAH PERBUATAN MELANGGAR HUKUM.
  • INFORMASI DALAM LAYANAN URUN DANA INI PENTING DAN PERLU MENDAPAT PERHATIAN SEGERA. APABILA TERDAPAT KERAGUAN PADA TINDAKAN YANG AKAN DIAMBIL, SEBAIKNYA BERKONSULTASI DENGAN PENYELENGGARA.
  • PENERBIT DAN PENYELENGGARA, BAIK SENDIRI SENDIRI MAUPUN BERSAMA-SAMA, BERTANGGUNG JAWAB SEPENUHNYA ATAS KEBENARAN SEMUA INFORMASI YANG TERCANTUM DALAM LAYANAN URUN DANA INI.

Sebelum melakukan investasi melalui platform LBS Urun Dana, anda perlu memperhitungkan setiap investasi bisnis yang akan anda lakukan dengan seksama. Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan analisa (due diligence), yang diantaranya (namun tidak terbatas pada); Analisa kondisi makro ekonomi, Analisa Model Bisnis, Analisa Laporan Keuangan, Analisa Kompetior dan Industri, Risiko bisnis lainnya.

Investasi pada suatu bisnis merupakan aktivitas berisiko tinggi, nilai investasi yang anda sertakan pada suatu bisnis memiliki potensi mengalami kenaikan, penurunan, bahkan kegagalan. Beberapa risiko yang terkandung pada aktivitas ini diantaranya:

Risiko Usaha

Risiko yang dapat terjadi dimana pencapaian bisnis secara aktual tidak memenuhi proyeksi pada proposal/prospektus bisnis.

Risiko Kerugian Investasi

Sejalan dengan risiko usaha dimungkinkan terjadi nilai investasi yang diserahkan investor menurun dari nilai awal pada saat dilakukan penyetoran modal sehingga tidak didapatkannya keuntungan sesuai yang diharapkan.

Dilusi Kepemilikan Saham

Dilusi kepemilikan saham terjadi ketika ada pertambahan total jumlah saham yang beredar sehingga terjadi perubahan/penurunan persentase kepemilikan saham.

Risiko Likuiditas

Investasi anda melalui platform layan urun dana bisa jadi bukan merupakan instrumen investasi yang likuid, hal ini dikarenakan instrumen efek yang ditawarkan melalui platform hanya dapat diperjualbelikan melalui mekanisme pasar sekunder pada platform yang sama, dimana periode pelaksanaan pasar sekunder tersebut juga dibatasi oleh peraturan. Anda mungkin tidak dapat dengan mudah menjual saham anda di bisnis tertentu sebelum selesainya vesting period dan hingga dilaksanakannya skema pasar sekunder oleh penyelenggara.

Risiko Pembagian Dividen

Setiap Investor yang ikut berinvestasi berhak untuk mendapatkan dividen sesuai dengan jumlah kepemilikan saham. Seyogyanya dividen ini akan diberikan oleh Penerbit dengan jadwal pembagian yang telah disepakati di awal, namun sejalan dengan risiko usaha pembagian dividen ada kemungkinan tertunda atau tidak terjadi jika kinerja bisnis yang anda investasikan tidak berjalan dengan baik.

Risiko Kegagalan Sistem Elektronik

Platform LBS Urun Dana sudah menerapkan sistem elektronik dan keamanan data yang handal. Namun, tetap dimungkinkan terjadi gangguan sistem teknologi informasi dan kegagalan sistem, yang dapat menyebabkan aktivitas anda di platform menjadi tertunda.

Kebijakan Keamanan Informasi

Kami berkomitmen melindungi keamanan pengguna saat menggunakan layanan elektronis urun dana dengan:

  • Implementasi ISO/IEC 27001:2013 ISMS guna mewujudkan Confidentiality, Integrity dan Availability informasi.

  • Selalu mentaati segala ketentuan dan peraturan terkait keamanan infromasi yang berlaku di wilayah Republik Indonesia serta wilayah tempat dilakukannya pekerjaan.

  • Melakukan perbaikan yang berkesinambungan (continuous improvement) terhadap kinerja Sistem Manajemen Keamanan Informasi.

Bank Kustodian

  • Peran Bank Kustodian terbatas pada pencatatan, penyimpanan dan penyelesaian transaksi.

  • Bank Kustodian tidak bertanggung jawab atas klaim dan gugatan hukum yg ditimbulkan dari risiko investasi dan risiko-risiko lainnya di luar cakupan peran Bank Kustodian yang telah disebutkan di atas, termasuk kerugian yang ditimbulkan oleh kelalaian pihak-pihak lainnya.